Mengenal Rahasia Tubuh di The Bagong Adventure


The Bagong Adventure? Apaan tuh? The Bagong Adventure atau Museum Tubuh merupakan salah satu wisata edukasi yang masih tergolong baru nih di Kota Batu, Malang. Museum ini menyuguhkan tentang rahasia tubuh manusia. Peluncurannya dilakukan kurang dari setahun yang lalu atau tepatnya pada Desember 2014. Museum yang berdiri di atas bangunan seluas 3,5 hektare ini merupakan museum anatomi tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia. Wowww.. patut berbangga nih Indonesia, khususnya Malang yang punya museum edukasi seperti ini.



Letaknya masih berada di lingkungan Jatim Park I, tepatnya di sisi sebelah kanan Jatim Park I. Bentuk dari museum ini memang unik, yaitu relief tubuh manusia dengan karakter Bagong yang merupakan salah satu anggota dari Empat Sekawan (Semar, Petruk, Bagong, dan Gareng). Kenapa museum ini memilih Bagong sebagai "tokoh utama"? Karena Bagong dianggap paling menonjol kepintarannya, paling cerdik dan juga paling lucu. Selain itu, museum ini juga turut menjaga budaya dan melestarikan nama-nama tokoh pewayangan, khususnya adat Jawa.  



Pintu masuknya merupakan replika mulut Bagong yang sedang mengaga, wuiihh serasa masuk ke mulut raksasa deh! Hhehe.. Ketika masuk kita akan disambut dengan mbak-mbak cantik (ehem) yang kemudian mengarahkan kita untuk menaiki sebuah lift, dengan menggunakan lift pengunjung dijamin nggak akan kelelahan bila harus "menikmati" seluruh zona yang terdapat di Museum Tubuh. Museum yang berkapasitas 1.500 pengunjung ini terdiri dari 6 lantai yang masing-masing memiliki beberapa zona. Di setiap zona akan disediakan guide yang merupakan lulusan dari akademi keperawatan, untuk menjelaskan berbagai anatomi tubuh (sesuai dengan zona), juga dilengkapi dengan berbagai panduan berupa tulisan pada layar sentuh.  


Rute Adventure Museum Tubuh Manusia meliputi : 

1. Entrance
2. Zona Gigi

3. Zona Telinga

[Tes Ketajaman Pendengaran - Zona Telinga]

4. Zona Hidung

5. Zona Otak

6. Zona Mata



7. Ruang Serbaguna


[Robot Edukasi]


8. Zona Pembuluh Darah

9. Zona Jantung
10. Zona Paru-paru
11. Zona Hati
12. Zona Lambung


[Macam-macam Zona]

13. Zona Usus

[Ilustrasi Kanker Usus Besar]

14. Zona Ginjal
15. Cinema 3D
16. Zona Tulang Sendi
17. Zona Exhibition

Untuk Zona 3D khusus bagi anak usia di atas 15 tahun. Di sini kita bisa melihat tayangan singkat tentang proses reproduksi manusia. (sayang lupa di foto, hehe).

Selain zona-zona yang sudah disebutkan di atas, ada juga fasilitas-fasilitas lain seperti : Cafe Gigi, Cafe Bagong, dan juga Ruang Pemeriksaan Gratis yang terletak di lantai top roof, menyediakan berbagai pemeriksaan mulai dari periksa mata, cek berat badan ideal, cek osteoporosis, gula darah, tekanan darah, dan banyak lagi seputar anatomi tubuh.



Tiket masuknya masih cukup terjangkau, untuk Senin-Kamis Rp.40.000,- dan Jumat-Minggu atau hari besar yaitu Rp. 60.000,-. Mau yang lebih hemat lagi juga ada. Saya sendiri pada waktu itu membeli Tiket "Paket Kaget" dengan menambah Rp.20.000,- (saat weekend) saya sudah bisa mengunjungi Jatim Park II yang terdiri dari Batu Secret Zoo dan Museum Satwa + Museum Tubuh. Murah banget kan?


[Paket Kaget. Dokumentasi Museum Tubuh]

--oOo--oOo--oOo--

The Bagong Adventure Museum Tubuh
Tiket masuk
Senin - Kamis : Rp. 40.000,-
Jumat - Minggu : Rp. 60.000,-

Jam Buka : 08.30 - 16.30 WIB
Alamat : Jl. Kartika No.2 Kota Wisata Batu, Malang
Telp : 0341-597778

Twitter : @museumtubuh
Instagram : Museum Tubuh
[Jatim Park I]



Referensi :
www.malang-guidance.com
www.halomalang.com

Komentar

  1. Balasan
    1. Bu Fabina, monggo bu mumpung masih tergolong wisata baru di Malang :)

      Hapus
  2. Pasti keasikan nontonnya sampai lupa foto. Eh itu sangka berapa yang bener? Rp 20.000,- apa Rp 20.00,-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkkw bu'e tau aja deh. Rp. 20.000,- bu, makasih ya koreksinya, udah diedit :*

      Hapus
  3. Untuk Zona 3D khusus bagi anak usia di atas 15 tahun. Di sini kita bisa melihat tayangan singkat tentang proses reproduksi manusia. (sayang lupa di foto, hehe).
    -----------------------------
    wa kok lupa difoto mbak, hehe
    ciyus saya malah blm pernah ke sana lho mbak baru dibuka ini kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya waktu itu iseng2 ke zona ini ternyata ada bioskopnya, dan kebetulan pas banget filmnya mo tayang, buru2 langsung masuk biar kebagian tempat, dibatasi maksimal 30 org tok mas.

      Emang baru dibuka desember taun lalu mas, murid2nya Mas Ikrom cocok banget nih dtg ke sini :D

      Hapus
  4. mbak zona exhibition itu zona apa ya ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia pada Sebungkus Es Mambo

Kumpulan Fiksi Kilat (6 Kata)