Kue Tampah, Si Cantik yang Tak Lekang oleh Waktu

www.thetexaspromisemovie.org

Kue Tampah. Mungkin masih ada yang asing mendengar namanya? Kue tampah adalah kumpulan dari kue jajan pasar yang ditata rapi di atas tampah. Kue-kue yang disajikan dalam kue tampah ini biasanya berupa kue basah, dengan rupa dan warna-warni yang cantik serta ditata sedemikian rapi. Tak heran bila kue tampah sering dijadikan sebagai pelengkap pada acara syukuran, pengajian, arisan, tumpengan, coffe break pada acara kantor, hingga sebagai hantaran pada acara lamaran atau pernikahan.

Ukuran kue pada kue tampah biasanya lebih kecil dari ukuran kue pada umumnya. Kue-kue yang sering menghiasi kue tampah antara lain: kue lumpur, dadar gulung, risol, sosis solo, kroket, kue talam, kue ku, kue lapis, kue apem kukus, kue putu ayu, klepon, semar mendem, nagasari, onde-onde, arem-arem dan lainnya.

Kue Tampah, Simbol Keberagaman
Dilansir dari www.carmelbandb.com kue tampah merupakan bentuk simbolik dari rasa bersyukur kita kepada Sang Pencipta. Selain itu aneka jenis kue dari bentuk, warna dan rasa juga merupakan bentuk dari keberagaman dalam hidup, mulai dari suku, ras, budaya, dan agama atau kita mengenalnya sebagai Bhineka Tunggal Ika.


Dok. Iki Koue

Kue Tampah Kini Tampil Modern
Seakan tak lekang oleh waktu, kue tampah pun kini tampil lebih kekinian. Kue tampah modern tak lagi ditata di dalam tampah, melainkan ditata di dalam box atau nampan kayu ataupun mika. Soal cantik, kue tampah tetap jadi primadona, hanya saja kini tampil lebih fresh.

Harga Kue Tampah
Dengan jenis kue yang beraneka ragam dalam satu tampah, persiapan yang tak sebentar, dan proses penataan yang cukup rumit, maka wajar saja bila harga kue tampah dikategorikan cukup mahal. Harga berkisar antara Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 300.000 tergantung dari ukuran atau banyaknya kue. Biasanya dalam satu tampah berisi 25-60 kue dengan jenis kue yang berbeda-beda tentunya. 

***

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia pada Sebungkus Es Mambo

Kumpulan Fiksi Kilat (6 Kata)