Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Empat Jenis Rempah Yang Dikatakan Dapat Sembuhkan Corona!



Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempahnya. Maka tak heran dalam kesehariannya, masyarakat Indonesia pun sangat akrab dengan berbagai macam rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ataupun juga bisa diminum sebagai jamu, yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan obat herbal.

Dari sekian banyak jenis rempah, ada empat rempah sebut saja jahe, temulawak, kunyit, dan sereh. Keempat rempah ini dikatakan dapat membasmi virus corona. Benarkah? Sebelum kita telisik lebih dalam, mari mengenal lebih dekat keempat rempah tersebut.

Jahe
Jahe dikenal dengan manfaatnya yaitu menghangatkan tubuh. Segelas air jahe ditambah susu kental manis begitu banyak diburu, karena rasanya yang nikmat dan jadi penghangat tubuh di kala hujan. Padahal manfaat jahe tak hanya itu, ada manfaat jahe lainnya seperti mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa sakit, membantu proses detoksifikasi, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan juga sebagai obat anti radang.

Temulawak
Tak sedikit orang yang sudah merasakan khasiat dari temulawak. Temulawak sudah banyak digunakan sebagai obat anti peradangan dan penyembuh luka. Rempah yang dikenal dengan nama latin Curcuma ini ternyata memiliki banyak manfaat yaitu, mengatasi masalah pencernaan, mengatasi osteoarthritis (penyakit sendi degeneratif), mencegah serta membantu dalam pengobatan kanker, anti radang, anti jamur, anti bakteri, sebagai obat jerawat, obat dieuretik (gagal jantung, gagal hati, pembengkakan jaringan, masalah pada ginjal), menjaga kesehatan liver, dan masih banyak manfaat lainnya.

Kunyit
Memiliki bentuk fisik yang mirip dengan temulawak, kunyit juga kaya akan manfaat. Kunyit seringkali digunakan sebagai pereda nyeri khususnya nyeri haid bagi wanita. Beberapa jenis masakan juga seperti kurang enak jika tak menggunakan kunyit sebagai bahan di dalamnya. Selain dua manfaat di atas, si kuning banyak manfaat ini ternyata mampu meredakan peradangan, meredakan perut kembung, sebagai obat maag, mengendalikan gula darah, mengurangi mual, dan satu lagi yang tak kalah penting (bagi wanita) yaitu dapat menurunkan berat badan! Yang ingin diet, jangan lupa konsumsi kunyit ya.

Sereh
Sereh atau dikenal dengan sebutan lain yaitu serai. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa rempah satu ini juga kaya akan manfaat. Meminumnya hangat-hangat sangat disarankan karena selain baik untuk pencernaan, sereh juga kaya akan antioksidan, dapat mengatur tekanan darah tinggi, menghancurkan lemak, menyembuhkan pilek dan flu. Sereh merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang baik. Hal tersebut berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut. Selain itu sereh juga bisa digunakan sebagai obat jerawat dan eksim.

Ramuan Rempah Bisa Sembuhkan Corona?
Mengenai kebenaran apakah keempat rempah di atas bisa menyembuhkan virus corona atau tidak masih menjadi perdebatan. Dari hasil penelitian Prof Dr drh Chairul Anwar Nidom yang merupakan profesor asal Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, mengenai ramuan tradisional yang dapat mencegah penularan virus corona pun ramai dibicarakan netizen. Pasalnya, Ia mengklaim telah menemukan ramuan tradisional yang dapat mencegah penularan virus corona. Ramuan yang terdiri atas jahe, kunyit, temulawak, dan sereh ini pernah ia buat saat wabah flu burung merebak pada tahun 2008 yang lalu.

Jadi, percaya atau tidak, kembali ke pribadi masing-masing. Tapi untuk khasiat keempat rempah di atas tentu bukan isapan jempol belaka lho, karena memang sudah banyak yang merasakan manfaatnya. – Putri Apriani 04/03/2020


Sumber Gambar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia pada Sebungkus Es Mambo

Kumpulan Fiksi Kilat (6 Kata)