Mencicipi Kuliner Khas Sulawesi dan Maluku ala Signature's Restaurant


Beberapa waktu lalu seorang teman mengirimkan informasi tentang event kuliner, dengan tema 5 Islands in 5 Weeks. Mendengar kalimat tersebut pun saya langsung tertarik dan kemudian mendaftarkan diri pada event tersebut. Maklum, pasti sudah banyak yang menantikan event yang diselenggarakan oleh Signature's Restaurant di Hotel Indonesia Kempinski ini. Harus dari jauh-jauh hari saya mendaftarkan diri agar bisa icip-icip beberapa kuliner khas Indonesia, khususnya pulau Sulawesi-Maluku, tanpa harus terbang langsung ke sana pastinya *ciiyeeee irit ongkos* :D



[Salah satu spot faforit pengunjung]

Saya datang sekitar pukul 12 siang, tapi sudah banyak bangku yang terisi. Setelah diantar ke tempat yang telah disediakan, saya lalu (segera) meletakkan segala kerempongan saya, maklum bawa alat tempur ala blogger, pasti nggak jauh-jauh dari alat tulis dan kamera. Dari kejauhan (nggak jauh-jauh banget sih, hehe) ada tiga orang wanita (cantik dong pastinya) dengan pakaian adat sedang bersiap tampil. Rupanya mereka akan membawakan sebuah tarian (yang ketika saya tanya *dari pada sesat di jalan*) yaitu Tari Tulolonna yang berasal dari Sulawesi. 


[Tari Tulolona]



[Hayo, mau pilih menu yang mana?]


Pelayanan yang super ramah membuat saya tak segan untuk "berkeliling pulau", bertanya serta memilih dari sekian banyak menu yang tersedia. Agar bisa mencicipi banyak menu khas Sulawesi dan Maluku, saya pun harus mengambil porsi yang cukup mungil (yakin mungil?), seperti menu-menu berikut ini :

[Nasi Kuning ala Manado, dkk]

Nasi Kuning ala Manado.
Memiliki rasa dan bentuk yang khas. Disajikan dengan abon cakalang rica, keripik kentang dan telur rebus. Biasanya dibungkus dengan daun kelapa muda (daun aren). Sedangkan menu yang terlihat pada gambar, saya modifikasi dengan tambahan daging domba dengan bumbu juga ikan tepung asam manis.

[Bubur Manado]

Bubur Manado.
Bubur yang dimasak dengan berbagai sayuran seperti kangkung, kacang panjang, daun bayam, daun bawang, kemangi, juga tambahan seperti jagung, ubi, dan labu. Biasa disajikan dengan sambal dabu-dabu dan ikan asin.


[Sayur Poki-poki]

Sayur Poki-poki.
Yaitu sayur terong masak santan dengan berbagai rempah seperti cengkeh, lengkuas, pala, sereh, dan bumbu halus lainnya. Merupakan masakan khas Manado.


[Kakap Woku Belanga]

Kakap Woku Belanga.
Makanan yang biasanya merupakan campuran dari ikan, kepiting, telur ikan, udang dan cumi atau ayam ini merupakan makanan khas Manado. Berbagai macam rempah dimasak dalam wadah (belangga). Namun menu yang dihidangkan di Signature Restaurant ini merupakan hasil modifikasi menu, yaitu menggunakan ikan kakap.


[Sambal Kanari]


Sambal Kanari (Kenari).
Merupakan sambal khas Maluku. Kenari yang disangrai hingga kecokelatan kemudian dihaluskan bersama bumbu. Setelah halus, ditambahkan dengan air lemon cina.


[Siapa mau Coto Makassar?]

Coto Makassar.
Atau soto khas Makassar, adalah jeroan sapi yang direbus dengan bumbu yang diracik secara khusus (bumbu halus dan tauco) dalam waktu yang lama. Coto dihidangkan dengan ketupat.

[Klappertart dan Pallu Butung]


Klappertart.
Klappertart merupakan ikon dari Sulawesi Utara (Manado). Berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur, kemudian ditambahkan dengan topping berupa kismis, kacang kenari atau almond panggang. Rasanya? Hhmm jangan ditanya, membuat lidah ketagihan pastinya.

Pallu Butung.
Dessert ini adalah khas Makassar yang mirip dengan es pisang ijo. Yang membedakan adalah warna hijau (kulit) yang membalut pisang. Disajikan dengan es serut dan sirup berwarna merah.


[Air Goraka]

Air Goraka.
Merupakan minuman khas dari Halmahera Utara, Maluku. Bahannya adalah jahe merah, daun pandan, gula aren yang diserut dan biji kenari. Walau dihidangkan dalam keadaan dingin, tak membuat minuman ini kehilangan khasiatnya, yaitu menghangatkan tubuh.


[Suegernyaaaa]

Bukan hanya itu lho, selain menghidangkan kuliner khas Sulawesi-Maluku, Signature's Restaurant juga menghidangkan menu nusantara lain yang tentunya tak kalah enak, seperti :


[Tahu Gejrot]


[Soto Bogor, mblengerr]


[Aneka Jajan Pasar]


[Ngemil cantik dulu yuk?]

Sesuai dengan temanya 5 pulau dalam 5 minggu, maka hidangan khas yang disajikan setiap minggunya berbeda, berikut rinciannya : 



[Dok. Signature's Restaurant]

  • Minggu 1 : Kuliner khas Pulau Sumatera (5-11 Agustus 2015) oleh Chef Marco Lim dan Chef Partogi Samosir.
  • Minggu 2 : Kuliner khas Pulau Jawa (12-18 Agustus 2015) oleh Chef Budiyana Ramelan.
  • Minggu 3 : Kuliner khas Pulau Bali-Lombok (19-25 Agustus 2015) oleh Chef Ketut Sumerata.
  • Minggu 4 : Kuliner khas Pulau Kalimantan (26 Agustus - 1 September 2015) oleh Chef Meliana Christanty.
  • Minggu 5 : Kuliner khas Sulawesi-Maluku (2-8 September 2015) oleh Chef Petty Elliott.
Nah, gimana? Seru kan (liat gambar) makanan-makanan di sana? Bagi yang ingin menginap di Hotel Indonesia Kempinski dan mencicipi cita rasa masakan ala Signature's Restaurant, bisa datang langsung atau mengubungi nomor yang tertera di bawah ini. Tapi event kuliner 5 Islands in 5 Weeks nya sudah selesai ya sejak tanggal 8 September lalu, hehehe :D

Signature's Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski
Jalan MH. Thamrin 1, Jakarta
Telp : (021) 23583898
Twitter : @KempinskiJKT
Instagram : @KempinskiJKT

*seluruh foto adalah milik penulis
Juga dipublikasikan di Kompasiana

Komentar

  1. Yang udah pernah makan woku belanga, coto sama nasi kuning. Semuanya dikasih teman yang orang makasar . soale mau ke sana nggak ada ongkos. Padahal Kalimantan selatan ke Sulawesi tinggal lompat doang.
    Lompatin selat karimata tapinya

    Sebenarnya selain coto makassar ada lagi satu yang mirip. Palsu Mara. Ya kuah2 mental kaya rempah gitu sama ayam Laos yang kress2 uenaaak....

    Di Banjarmasin lagi ada festival pasar terapung lho.....nggak pengen berenang ke sini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti lebih ngirit ongkos aku dong bu, tinggal merem udah nyampe jakarta bs makan khas Sulawesi sekaligus Maluku, wkwkwk :D

      Duh, mupeng, andai ada pintu ajaib doraemon #halah =D

      Hapus
  2. Kuereeeenn......tapiiiii.....hiks...hiks...aku blm selesaiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mak, cemungudh eaaaa, aku bantuin deh, bantu doa, hihihiiii :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia pada Sebungkus Es Mambo

Kumpulan Fiksi Kilat (6 Kata)